Mekar Mulya Ikut Lomba Tingkat Provinsi

Posted on

Lomba Tingkat Provinsi

NANGA BULIK – Keberhasilan desa Mekar Mulya, Kecamatan Sematu Jaya, dalam meraih juara 1 lomba pelaksana gotong royong terbaik tingkat Kabupaten tahun 2019, membuat desa ini dipercaya mewakili Lamandau untuk mengikuti lomba Pelaksana Gotong Royong Masyarakat Terbaik tingkat provinsi Kalimantan Tengah.

Tim Penilai dari Dinas PMD Provinsi Kalimantan Tengah, datang dan menilai langsung ke desa Mekar Mulya, Selasa (18/2). Dalam kesempatannya, Tim penilai mengunjungi stand UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) TP-PKK (Tim Penggerak PKK) Desa Mekar Mulya, pos kampling, kebun desa, pasar desa, hingga lingkungan desa.

Kepala Desa Mekar Mulya, Herlangga Triatmaja Hadiwijaya mengungkapkan lomba ini menjadi motivasi bagi warga desa untuk selalu aktif melakukan gotong royong.

“Kami warga desa Mekar Mulya, melalui lomba ini menjadi motivasi bagi kami untuk selalu semangat melaksanakan gotong royong,” ungkapnya.

Kades yang akrab disapa Tria mengungkapkan bahwa pihaknya aktif melaksanakan kegiatan Jumat bersih, gotong royong di tiap lingkungan, dan jaga malam di pos ronda di tiap RT.

“Dibidang sosial budaya, dengan kekayaan warga kita, seperti paguyuban kesenian tari, kuda lumping, juga Peran UMKM dan pasar desa telah kami matangkan untuk mengikuti lomba ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Lamandau, Muriadi mengaku bangga dengan desa Mekar Mulya dan mendoakan mendapat juara 1 tingkat provinsi Kalteng untuk lomba Pelaksana Gotong Royong Masyarakat Terbaik. Serta, menjadi contoh bagi desa lainya untuk membudayakan gotong royong.

“Harapannya, desa lainya, bisa mencontoh untuk tetap membudayakan gotong royong masyarakat, agar nantinya dapat ikut berpartisipasi mengikuti lomba gotong royong di tahun tahun berikutnya dari kabupaten Lamandau,” harapnya.

Tim Penilai Lomba, Dinas PMD Provinsi Kalteng, Desy mengungkapkan gotong royong menjadi indikator mutlak dalam penilaian lomba ini. Dan, desa Mekar Mulya, Lamandau menjadi yang pertama dinilai.

“Dari tingkat gotong royong masyarakat menjadi Indikator mutlak terutama kebersamaan masyarakat desa utk membangun desa baik dari kebersihan, ketertiban ataupun ketenteraman dari desa ini,” ujarnya menjelaskan indikator penilaian.

Setelah melihat secara langsung desa Mekar Mulya, secara umum dikatakan bagus dan memenuhi kriteria. “Kebersamaannya sudah bagus, gotong royong sudah bagus, kedisiplinan dan ketertiban administrasi sudah bagus, tinggal ditingkatkan lagi untuk kelembagaan masyarakatnya agar lebih kompak lagi,” pungkasnya. (cho)

 275 total views,  1 views today

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.