Terapkan Social Distancing Hadapi Corona

Posted on

Menyikapi virus covid-19 atau corona, Direktur RSUD Lamandau, dr Ning Agustina menyarankan agar masyarakat di Kabupaten berjuluk bumi bahaum bakuba melakukan social distancing.

Direktur RSUD Lamandau, dr Ning Agustina

Hal ini menyusul diputuskanya status siaga oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana pada Rabu (18/3) kemarin.

Social Distancing atau mengurangi kontak manusia menjadi salah satu upaya dalam mengurangi penyebaran virus corona ini. Salah satunya dengan mengurangi atau menghindari kerumunan massa.

“Saat kita dalam status siaga, masyarakat jangan berkumpul – berkumpul dalam jumlah banyak dan menghindari kerumunan massa,” jelas dr Ning Agustina

Jika terpaksa, lanjut dr Ning, direkomendasikan untuk memberi jarak minimal 1.5 m dari orang lain sebagai bentuk pencegahan penyebaran. Dan, tetap menjaga kebersihan diri sendiri dan keluarga serta makan makanan yang bergizi.

“Seandainya pun terpaksa harus berkumpul, jarak dari 1 orang ke orang lain minimal 1.5 meter,” jelasnya.

Disarankan agar warga memilih berdiam di rumah, sembari terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta, mengawasi anak – anaknya dari kontak dengan orang lain atau saat anak bermain, seperti main dengan siapa dan dimana.

“Sementara waktu, lebih aman kalau kita di rumah masing – masing dengan tetap terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Awasin anak – anak karena dikhawatirkan anak – anak main jauh dari rumah yang kita tidak tahu saat jauh dari rumah anak – anak kontak dengan siapa aja,” ungkapnya.

Saat dirumah, penting untuk diingat agar menginformasikan kepada anggota keluarga untuk selalu cuci tangan dengan sabun dan ganti baju usai dari luar rumah. Mandi juga disarankan.

“Berikan pengarahan kepada anggota keluarga saat masuk dan keluar rumah harus cuci tangan, juga mengganti baju yang kita pakai saat keluar rumah tadi,” pungkasnya. (Admin)

 1,010 total views,  1 views today

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.